Cara Mengoptimalkan Kerja Lembur di Kantor

Cara Mengoptimalkan Kerja Lembur di Kantor - Berapa jam dalam sehari anda bekerja di kantor ? Kadang pekerjaan di kantor tidak pernah habisnya untuk dikerjakan setiap hari, Apalagi pagi karyawan/pegawai yang bekerja di kantor yang full pelayanan.

lembur di kantor
www.pixabay.com

Kerja lembur merupakan satu-satunya pilihan terakhir untuk menyelesaikan pekerjaan pada hari itu, agar pekerjaan tidak menumpuk untuk esok harinya. Walaupun kita dituntut untuk lembur di kantor, tetapi kesehatan tetap harus di jaga. Tubuh kita juga memerlukan istirahat yang cukup agar dapat beraktifitas dan bekerja dengan baik. 

Bayangkan jika anda   rata-rata bekerja di kantor adalah 8 (delapan) jam sehari, dan kalau ditambah lagi dengan kerja lembur sebanyak minimal 5 (lima) jam sehari, berarti waktu yang dihabiskan di kantor sekitar 12 (duabelas) jam dalam sehari.


cara lembur


Seandainya setiap hari anda harus bekerja lembur di kantor, berarti kalikan saja 12 jam x 6 hari kerja per minggu, itu sama dengan 72 jam kerja dalam seminggu. Dalam setahun? Hitung saja sendiri. Hehehe

Berikut ini ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sehubungan dengan kerja lembur di kantor :

Istirahat Yang Cukup
Hal ini berkaitan dengan kesehatan, usahakan jangan memaksakan lembur kalau kondisi anda dalam keadaan tidak sehat. Sebab tubuh yang tidak sehat akan gampang terkena penyakit kalau dipaksakan untuk bekerja.

Sebelum kerja lembur sebaiknya istirahat dulu sejenak. Bagi anda yang tempat kerjanya tidak terlalu jauh dari kantor, sebaiknya pulang dulu ke rumah untuk istirahat siang. Ini sangat berguna untuk mempersiapkan tenaga untuk lembur sebentar.

Makanan Suplemen
Kerja lembur memang memerlukan tenaga ekstra, yang kadang-kadang menguras tenaga dan pikiran.  Imbangilah dengan makanan dan minuman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa membuat tubuh tetap bugar, agar kerja lembur tetap lancar.

Manajemen Waktu
Kalaupun harus kerja lembur, sebaiknya waktu kerja dibatasi jangan sampai larut malam. Pekerjaan memang tidak akan ada habisnya untuk dikerjakan. Kalau memang memungkinkan  simpanlah sebagian pekerjaan untuk dikerjakan pada esok hari. Ingat kitalah yang mengatur pekerjaan.. bukan malah pekerjaan yang mengatur kita hehehe.

Mendelegasikan Tugas
Bagikanlah beberapa jenis pekerjaan kepada rekan kerja anda. Kenalilah potensi pada rekan atau bawahan anda untuk beberapa jenis pekerjaan yang bisa anda delegasikan. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi  beban kerja anda setiap hari.

Motivasi
Bagi anda yang bekerja di instansi pemerintahan, dukungan dari atasan sangat berguna untuk memotivasi kerja lembur di kantor. Dukungan yang dimaksud bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa berupa promosi karier atau pemberian insentif yang sepadan, sesuai peraturan pemerintah yang termuat dalam, Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, yang baru saja di sahkan akhir tahun lalu.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengoptimalkan Kerja Lembur di Kantor, versi blog-pns.
Semoga bermanfaat dan tetap semangat dalam bekerja.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengoptimalkan Kerja Lembur di Kantor"

Posting Komentar

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel