4 Teknik Rahasia mengetik 10 jari

4 Teknik Rahasia mengetik 10 jari - Mengetik 10 jari disamping enak dilihat juga menambah kecepatan kita untuk menyelesaikan pekerjaan mengetik. Banyak orang ingin belajar mengetik menggunakan 10 jari tapi belum mengetahui metode belajar yang tepat. Disini saya akan membagikan teknik menguasai mengetik 10 jari dalam 4 Langkah.

1. Penempatan Jari-Jari

Metode berlatih sebenarnya cukup gampang. Yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah cara menempatkan jari-jari kita (hal ini paling mendasar) misalnya huruf A diletakkan di ujung sebelah tangan kiri agar diketik oleh jari kelingking kiri (jari yang paling lemah).. karena huruf A inilah yang paling sering digunakan, jadi biar Tuts keyboard komputer/mesin ketik tidak cepat rusak.

Begitu juga dengan kombinasi huruf yang lain, misalnya huruf K diketik oleh jari tengah tangan kanan (jari yang paling kuat) karena huruf ini jarang digunakan dalam setiap kata. Tempatkan jari-jari tangan kiri diatas huruf ASDFG sedangkan Jari-jari tangan kiri diatas huruf HJKL;

Sebagai ilustrasi lihat gambar :


2. Mengenali Rumah Jari (Home Key)
Coba agan semua periksa keyboard komputernya di huruf F dan J.. terasa ada tonjolan kan? nah tutus itulah yang dinamakan sebagai rumah jari (home Key) yang gunanya sebagai pembatas antara jari-jari tangan kiri dan jari-jari tangan kanan.
Jari tangan Kiri  : 1 2 3 4 5,  Q W E R T,  S D F G,   Z X C V B
Jari tangan Kanan : 6 7 8 9 0,  Y U I O P,  H J K L ;  N M ; .  /

3. Latihan Kombinasi Bolak-Balik Kata
Melatih mengetik menggunakan tangan kiri, carilah kata-kata yang khusus diketik oleh tangan kiri misalnya kata : SADAR, DASAR, RADAR, TEGAR, WARAS. Untuk jari-jari tangan kanan carilah kata-kata misalnya : KIKUK, KOPI, PIKO, LIKU, KULI, sedangkan bilah Spasi ditekan oleh Ibu jari kedua tangan secara berganti-gantian. jika huruf terakhir ditekan oleh tangan kiri, maka yang menekan spasi adalah ibu jari tangan kanan. Begitupun juga sebaliknya. 


Untuk bahan latihan carilah kata-kata lain yang bisa Untuk tiap kata yang diketik usahakan diketik sampai satu halaman penuh misalnya kata SADAR, ketiklah sampai satu halaman di layar monitor agan. Hal ini berguna untuk melatih kekuatan jari-jari, juga melatih keakuratannya. setelah itu ketik kata berikutnya misalnya kata : DASAR, ketik sampai satu halaman penuh. Setelah dirasa cukup kita berpindah ke jari-jari tangan kanan ketiklah kata : KOPI sampai penuh satu halaman penuh di monitor agan.

Lakukanlah secara bergantian tangan kiri dan tangan kanan, setelah itu dikombinasikan misalnya kata : SADAR ketik pakai jari tangan kiri lalu disambung dengan ketik kata : KIKUK pakai jari tangan kanan. atau cobalah kombinasi kata yang  lain misalnya ketik : LIKA LIKU LAKI LAKI TIDAK LAKU LAKU. Begitu seterusnya sampai satu halaman penuh.

4. Latihan Teratur dan Disiplin
Untuk mengukur kecepatan kita mengetik menggunakan 10 jari dipakai standar internasional yaitu 240 (dua ratus empat puluh) karakter/huruf permenit (sudah termasuk spasi). Nah gampang kan...? Lakukan latihlah ini secara teratur setiap hari selama 1 Jam saja selama  3 hari berturut-turut. Saya yakin dengan ketekunan, kedisiplinan dan kesabaran anda pasti akan menguasainya. 


Demikian artikel tentang  4 Teknik Rahasia mengetik 10 jari

Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Belum ada Komentar untuk "4 Teknik Rahasia mengetik 10 jari"

Posting Komentar

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel