Tutorial Cara Reset Printer Epson Stylus Photo 1390

Tutorial Cara Reset Printer Epson Stylus Photo 1390 - Minggu lalu saya berkunjung ke rumah sepupu. Selain untuk silaturahmi, sekalian saja saya mau cetak foto, berhubung sepupu saya ini membuka bisnis kecil-kecil disamping rumahnya, yaitu usaha cetak photo dan edit video, plus jual pulsa juga.



Sesampainya di sana ternyata printer yang sering dipakai untuk mencetak photo rusak, "Sudah dua hari, padahal orderan cetak photo lagi banyak", kata dia. Printer merek Epson Stylus Photo 1390, baru beli 2 bulan yang lalu. Setelah saya buka penutup  printer, catridgenya  tidak mau bergeser ke tengah, lampu indikatornya juga menyala dan berkedip-kedip secara bergantian. Kesimpulan saya printernya mungkin perlu direset.  

Hmm... jadi teringat kasus yang sama pernah terjadi pada printer saya dulu. Cuma beda merek yaitu printer Canon, yang sekarang sudah rusak total akibat korslet hehehe...

Berhubung yang saya punya cuma resetter canon, saya berjanji besok saya kembali lagi untuk membantu perbaiki, dengan syarat saya tidak bayar ongkos cetak...hehehe. Deal.. kata sepupuku. Keesokan harinya seperti, biasa (pake internet gratis di kantor) saya cari di google resetternya sekalian bagaimana cara meresetnya. Nah akhirnya ketemu juga softwarenya.

Berikut langkah-langkah cara reset Printer Epson Stylus Photo 1390 :

1. Hidupkan dulu printer anda dan hubungkan kabel USB printer ke komputer

2. Klik dua kali pada Datacracker.bat hingga muncul tampilan seperti di bawah. Aturlah tanggal sistem komputer anda ke tanggal 04/10/2007 seperti yang dilingkari merah diatas, setelah itu tekan enter.



3. Setelah di enter akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Jangan dulu tutup jendela ini



4. Jalankan file AdjProg.Exe dengan cara klik dua kali sampai muncul tampilan gambar seperti di bawah ini, pilih Accept




5. Selanjutnya pilih Particular adjusment mode



6. Pilih waste ink pad counter, lalu klik OK



7. Setelah itu akan muncul window baru.. Klik urutan gambar di bawah sesuai yang saya beri nomor warna merah.


8. Kalau peringatan seperti di bawah muncul, coba periksa kembali koneksi kabel USB anda ke printer, barangkali belum terpasang dengan benar sehingga printer belum terbaca oleh System. Lalukan pemilihan manual printer di button Check (nomor 1 merah gambar di atas).



Setelah langkah-langkah diatas telah dilakukan, sekarang matikan printer. Tunggu sekitar lima detik lalu nyalakan kembali. Bila printer sudah tidak blingking berarti printer sudah siap untuk  digunakan kembali.
Jika ke delapan point tersebut di atas sudah dilakukan tapi printernya masih tetap blinking, coba restart dulu komputernya lalu jalankan kembali proses di atas dari nomor 1 sampai 8.  

Untuk kasus berat biasanya diulangi sampai beberapa kali. Jangan lupa untuk mengembalikan pengaturan tanggal komputer anda ke tanggal sekarang.

Akhirnya printer sepupuku menjadi normal kembali, sebagai imbalan saya dapat cetak gratis photo ukuran 10 R dua lembar gratis. Hehehe.  Usaha Cetak photonya pun jadi lancar kembali.

Terima kasih saya ucapkan kepada kang ekohasan.blogspot.com yang telah mengshare cara reset printer dan juga atas software resetter printernya.


Demikian artikel saya tentang Tutorial Cara Reset Printer Epson Stylus Photo 1390. Artikel ini saya tulis berdasarkan kisah nyata saya sesuai isi artikel di atas. Semoga bermanfaat




Belum ada Komentar untuk "Tutorial Cara Reset Printer Epson Stylus Photo 1390"

Posting Komentar

Terima kasih ANDA sudah mengunjungi https://www.blog-pns.com. Silahkan berikan komentar ANDA. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan konten di masa yang akan datang. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel